Loading...
Terkini

Inilah Rahsia dan Kelebihan Surah Al Fatihah. Mari Sama-sama Amalkan..

Image result for Kelebihan Surah Al Fatihah


Surah Al Fatihah sering di sebut dengan ummul quran atau ibu dari al quran. Penyebutan tersebut tentu bukan sembarnagan disematkan, banyak sekali keutamaan dan manfaat dari surah yang satu ini jika kita dapat membaca dan mengamalkannya sebagai sebuah rutinitas. Surah Al Fatihah adalah surat pertama dalam Alquran sebagai penutup pintu neraka.

Adapun surah Al Fatihah merupakan sebuah surah yang paling sering dibaca oleh setiap Muslim, yang mana kita selalu membacanya sebagai syarat sah dan kewajiban dalam sholat fardhu, sesuai yang disabdakan Rasul Muhammad SAW :
عَنْ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا صَلَاةَ لِمَنْ لَمْ يَقْرَأْ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ-رواه البخاري
Diriwayatkan dari ‘Ubadah bin Ash Shamit Bahwab Nabi Muhammad SAW bersabda " dimana shalat seseorang tanpa membaca Al-Fatihah maka tak akan diterima Allah SWT”, HR.Bukhari
Sesuai dengan hadis dan riwayat Nabi Muhammad SAW ini terlihat bertapa Al Fatihah mempunyai peranan begitu penting sampai membuat sholatnya seseorang tidak akan sah bila tidak membacanya.

Manfaat Membaca Surat Al Fatihah


Adapun Hadits yang Diriwayatkan oleh Imam Bukhari, No. 4474 dari Abu Said bin Al-Mualla yaitu, “Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda:

لَأُعَلِّمَنَّكَ سُورَةً هِيَ أَعْظَمُ السُّوَرِ فِي الْقُرْآنِ قَبْلَ أَنْ تَخْرُجَ مِنْ الْمَسْجِدِ) ثُمَّ أَخَذَ بِيَدِي فَلَمَّا أَرَادَ أَنْ يَخْرُجَ قُلْتُ لَهُ : أَلَمْ تَقُلْ لَأُعَلِّمَنَّكَ سُورَةً هِيَ أَعْظَمُ سُورَةٍ فِي الْقُرْآنِ ؟ قَالَ : (الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ ، هِيَ السَّبْعُ الْمَثَانِي ، وَالْقُرْآنُ الْعَظِيمُ الَّذِي أُوتِيتُهُ) .
Memiliki arti : “Aku akan ajarkan kepada kamu sebuah surat yang paling utama dalam Al-Qur’an sebelum engkau keluar dari masjid ini." Kemudian beliau memegang tanganku. Ketika ingin keluar [mesjid] saya katakan kepada beliau, “Tidakkah engkau mengatakan kepada aku akan mengajarkan kepadaku surat yang paling agung dalam Al-Qur’an?" Beliau menjawab, “Al-Hamdulillahi rabbil’alamin [Al-Fatihah], dia adalah As-Sab’ul Matsani [tujuh ayat yang diulang-ulang] dan Al-Qur’anul Azim yang diberikannya."
Rasulullah SAW mengajarkan tentang keutamaan surat Al-Fatihah yang mana surat Al-Fatihah menurut Rasulullah SAW merupakan surat paling agung semua surat di Al-Quran. Selain itu, beliau juga ingin mengajarkannya kepada Abu Sa’id. Berdasarkan Al-Imam Ibnu At-tin sendiri berkata dimana maksud dan tujuan mengapa Nabi Muhammad SAW berkata demikian karena surah Al Fatihah memang mempunyai keistimewaan yang lebih banyak daripada surat-surat lainnya di Al-Quran. 
Terdapat beberapa manfaat surah al-fatihaha diantaranya yaitu :

  1. Semua dosanya di dunia akan diampuni dan kebaikan orang yang membacanya akan diterima Allah SWT
  2. Lidah orang-orang yang membaca akan terhindar dari panasnya api neraka jahanam dan terhindar dari kemurkaan Allah.
  3. Surah Al-Fatihah juga bisa membuat kita berjumpa bersama Allah SWT,
  4. Membebaskan kita dari siksa kubur.
  5. Dapat memberikan keamanan bagi seseorang terhadap berbagai hal terkecuali dari kematian
  6. Dapat memperoleh derajat lebih tinggi.
  7. Dapat terbebas dari yang namanya kefakiran dan menyedekahkan emas pada jalan Allah.
  8. Dapat menutup pintu neraka untuk orang yang membacanya.
  9. Seolah-olah orang yang membacanya sudah membaca kitab taurat, injil, quran, zabur, suhuf Idris dan suhuf Ibrahim hingga 7 kali.
Sumber : http://www.fimadani.com



via Bin Usrah

Sumber : Gengviral

About Admin

Loading...
Powered by Blogger.