Loading...
Sensasi

8 Tanda Kekurangan Kalsium Ini Sering Diabaikan


Kalsium adalah salah satu nutrisi yang paling penting dalam tubuh Anda. Sekitar 99 persen kalsium disimpan dalam tulang dan gigi, sedangkan sisanya hadir dalam darah, otot dan jaringan lain. Tubuh menggunakan mineral untuk melaksanakan banyak fungsi penting, termasuk mengirim pesan penting melalui sistem saraf.

Kekurangan kalsium adalah masalah kesehatan umum di seluruh dunia, terutama di kalangan wanita tua dan wanita menopause. Selain itu, kekurangan kalsium pada anak-anak dapat mempengaruhi pertumbuhannya.

Banyak faktor yang dapat berkontribusi untuk menjadikan tubuh kekurangan kalsium. Paling sering adalah karena kurangnya kalsium yang cukup dalam asupan Anda, penuaan, kadar vitamin D rendah dan perubahan hormon dalam tubuh.

Banyak orang sering mengabaikan tanda-tanda peringatan kekurangan kalsium, sampai masalah menjadi parah. Padahal penting untuk menyadari tanda-tanda awal untuk mengatasi masalah yang nantinya dapat menyelamatkan Anda dari komplikasi di masa depan. 

Untuk mengurangi risiko kekurangan kalsium, Anda harus mengkonsumsi jumlah yang disarankan kalsium per hari melalui makanan yang Anda makan. Jika perlu, Anda dapat mengambil suplemen kalsium, setelah berkonsultasi dengan dokter tentunya. Berikut adalah beberapa tanda-tanda yang menunjukkan bahwa Anda kekurangan kalsium.

1. Nyeri otot dan kram

Salah satu gejala yang paling umum dari kekurangan kalsium adalah nyeri otot dan kram. Kekurangan kalsium yang cukup menyebabkan sel-sel saraf menjadi ekstra sensitif, menyebabkan kram otot secara mendadak dan nyeri.

Otot yang berkedut secara tidak terkendali, serta mati rasa dan sensasi kesemutan di tangan dan kaki dapat terjadi karena alasan yang sama. Selain itu, tingkat kalsium yang rendah dapat merusak sistem saraf, yang pada gilirannya mempengaruhi fungsi saraf.

2. Tulang lemah 

Kalsium cukup dalam tubuh dapat meningkatkan kesehatan tulang Anda. Sebab, kalsium merupakan mineral yang penting untuk membangun tulang dan menjaga tulang tetap kuat. Dengan kalsium yang rendah, tulang cenderung menjadi lemah, yang meningkatkan kerentanan terhadap osteoporosis dan patah tulang.

Dalam jangka panjang, tulang lemah juga dapat berdampak pada perawakan seseorang dan kekuatan secara keseluruhan. Inilah sebabnya mengapa orang tua harus memastikan bahwa anak-anak mereka makan makanan yang kaya kalsium, terutama selama tahun pertumbuhan mereka. Bila Anda tidak mengambil cukup kalsium, tubuh mulai menggunakan kalsium dari tulang Anda untuk memastikan fungsi sel normal.

3. Gigi lemah

Kalsium adalah unsur penting dari gigi, maka kekurangannya dapat menyebabkan tertundanya pembentukan gigi yang rusak pada anak-anak. Sebuah studi tahun 2001 yang diterbitkan dalam American Journal of Medicine mencatat bahwa baik kalsium dan suplemen vitamin D membantu mengurangi hilangnya gigi pada orang tua.

4. Kekebalan tubuh menurun

Kalsium juga diperlukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat, yang membantu pertempuran tubuh melawan virus, bakteri, dan jamur. Inilah sebabnya orang yang kekurangan kalsium lebih mungkin untuk menderita masuk angin dan infeksi.

5. Kesulitan menurunkan berat badan

Asupan kalsium yang cukup penting untuk berat badan yang sehat. Bahkan, telah ditemukan bahwa kebanyakan orang obesitas tidak mengkonsumsi asupan harian kalsium yang direkomendasikan. Jadi, jika Anda sedang berjuang untuk menurunkan berat badan, bisa jadi karena kurangnya kalsium.

6. Peningkatan gejala PMS

Premenstrual syndrome (PMS) adalah masalah umum yang dihadapi oleh wanita. Kalsium mendukung fluktuasi siklik selama siklus menstruasi, yang membantu mengurangi dan mencegah keparahan PMS. Bahkan membantu mengurangi kram dan gejala lain yang terkait karena perannya dalam detoksifikasi estrogen.

7. Tertundanya masa pubertas

Gadis yang kekurangan kalsium dari anak usia dini dapat mengalami pubertas yang tertunda. Hal ini juga dapat menyebabkan masalah menstruasi, seperti kram menstruasi yang tidak teratur dan menstruasi yang parah. Selain itu, dapat menyebabkan gangguan fungsi reproduksi di kemudian hari.


8. Masalah kurang tidur

Gelisah tak bisa tidur di tempat tidur sepanjang malam dapat memiliki dampak langsung pada suasana hati Anda dan produktivitas kerja. Kurang tidur secara teratur bukanlah pertanda baik. Ada dapat beberapa kemungkinan penyebab di balik itu, dan kekurangan kalsium adalah salah satunya. 


Sumber : magwuzz



via Bin Usrah

Sumber : 1Citemalaya>

About Admin

Loading...
Powered by Blogger.